Senin, 14 September 2009

Libur: Day 1

Huebohhh...sepanjang liburan kponakan2 pada nginep di rumah. Seperti biasa, kalo mereka dirumah, setiap gerak gerik ku pasti ada aja yang ngikutin. Mereka ( klas 4, klas 2, klas 1 dan umur 3 th) seperti saling gantian njagain tantenya ini ( ge er!). Setiap kerudung diambil yang satu teriak :

Ikut, te! (Difa, klas 1 - padahal belum nanya mau kemana).
Ana, te? (maksudnya : Kemana, Te? - Dafa, umur 3 – yang langsung cari sandalnya)
Mana, te? (Syiffa, klas 2 yang ikutin terus kalo tujuannya sesuai keinginannya : warung dekat rumah)

Diikutin?
Tenan iki!. Bener2 kok. Bahkan kalo aku teriak : “Te mau buang sampah, siapa ikut?”. Bisa dipastikan minimal 2 anak akan ikut. Bahkan sering kali, 5 keponakannku ikut (plus 2 keponakan terbesarku yang udah SMP dan SMA, kalo pas ke Jakarta). Nggak percaya? Tetangga2 saksinya. Mbak2 ku dulu sering kali komentarin : Te Nita kayak peniup seruling dari Hamelin!.
Yang udah pada tau cerita itu tentu protes, karena yang ngikuti peniup seruling itu kan tikus2 got!. Hahaha!!!...

Jadilah, setelah berbagi tugas dengan mbak ku yang pergi ke pernikahan anak sepupu kami, aku ”ngangon” empat anaknya plus mbak yang jaga anak2 (juga masih kecil!). Karena mereka suka buku, aku angon mereka ke toko buku. Lumayan lama, karena bolak balik ngecek tas plastik Gramedia: Te, Mas Syaffa ambil apa?. Liat ya? Te, aku tuker yang ini ya? Te, Dafa aku ganti bukunya ya?. Te, kalo murah boleh 3? Begitu, bolak balik. Karena siang itu, semuanya ku jatahin ambil 2 buku aja. Makan siang yang jadi lewat malah bikin pengeluaran bertambah. Laper banget soalnya :D.....

Sore, seperti biasa kami tuker2an buku yang tadi kita pilih. Malemnya, Difa usul untuk ”kemping” di teras samping. Liat langit, te! (gara2 salah satu buku yang dipilih tadi berjudul ”bintang jatuh”).

Biasanya untuk ”ritual kemping” aku gelar tiker, nyalain lilin di sudut2 nya dan kita tidur2an. Kadang beli sate cuma 20 tusuk, kita bakar2 lagi pake lilin, sambil genjrang genjreng sekedarnya. Tapi karena kemarin agak lembab habis hujan, kita cuma duduk2 di bangku kecil khas anak TK (tetep dengan nyala lilin, tentu). Aku seneng dengan kegiatan ini, kalo nggak ada anak2, mana mungkin aku brani tiduran diluar rumah natap langit... Biasanya dan juga malam itu, aku cuma duduk dengerin mereka ngobrol.

Kadang berakhir dengan tangis
Kadang jerit dan tawa....
Damainya bumi..........

Tags: | Edit Tags

Tuesday March 20, 2007 - 12:21am (PDT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar