Rabu, 16 September 2009

DEMENSIA I

Ibuku akan berusia 80, november nanti. Dulu, waktu masih ada bapak, aku lebih deket ke Bapak (biasanya gt kan? Anak perempuan ke ayahnya, anak laki dekat ke ibunya). Tapi sekarang2 ini, aku dekeeeetttt banget sama ibu. Apalagi krn skrng tinggal aku dan ibu aja di rumah. Apa2 kepikiran ibu, apa2 untuk ibu. Makan enak dikantor, atau dimanapun, inget ibu. Bahkan waktu awal2 aku sakit dan yang terbayang kematian, yang kupikirkan adalah nanti siapa yang akan meladeni ibu (lihat blog ku di 360 yahoo). Dipikir2, semangatku sembuh juga pasti krn ibu. Aku pingin ada untuk ibu.

Skrng ini perhatian ku ke ibu bertambah krn akhir2 ini ibu suka mengalami halusinasi, Demensia, atau apalah namanya.


Demensia

atau kepikunan kerap terjadi. Berulang2 menanyakan siapa aku, dimana kita skrng tinggal, mau kerumah bapak (eyangku), keluar malem bawa selimut 2 (selimut ibu dan selimut bapak), dan selalu kaget ketika dijelaskan nama2 yang ditanya beliau adalah orng2 yang sudah nggak ada. Soal kekagetan, ada hal yang cukup lucu.

Biasanya ibu suka ”ngabsen” ayah ibu (eyang kakung, eyang putri), kangmas mbakyu nya (ibu bungsu), atau adik2 bapak (ada 9). Kebetulan, yang diabsen biasanya memang yang sudah nggak ada. Jd kalo ibu ngendika : ”kita pulang sekarang”, atau tanya ”kok mas Amrin (kakak laki2 tertua ibu – usianya jauh diatas ibu) lama nggak main kesini ya, mbak?”. Atau, ”yuk mbak, kita sowan ke mas Mashud/ mas Anwar” (Pakde Mashud dan pakde Anwar adalah kakak2 laki2 kesayangan ibu, paling nggak dr cerita kedekatan ibu ke pakde), maka jawaban dan reaksi yang ada biasanya spt ini:

NS : ”Bu, pakde udah meninggal”

Ibu : Haaahhh???? Kapan? (dengan muka sangat2 kaget)

NS : ”udah lama, bu” puluhan taun lalu (krn aku emang ga hafal)

Ibu : gerah opo?

NS : jantung, bu (asal, krn di keluarga Bapak dan Ibu, banyak yang ngidap jantung atau diabetesi)

Ibu : merajuk : kok aku nggak dikasih tauuuu...

NS : (Cuma bisa diem..)

Sekitar setahun yang lalu, ya, sekitar bulan2 ini lah, ceritanya waktu itu ada hr wafatnya Isa Almasih as. Seingetku ada bbrp hr libur: wafat, kebangkitan dan kenaikan Isa Almasih. Dan, pada hari2 tersebut tanggalan merah - libur. Ibu emang seneng liatin tanggal merah. Waktunya aku dirumah seharian. Sama ibu. Jd waktu itu ibu nandain (pake spidol whiteboard di tanggalan) n sering tanya : kamu libur kan, Nit? Nggak kekantor tanggal segini kan mbak?, sampai pada akhirnya ibu tanya : ”Knp libur?” dan kujawab : Wafatnya Isa Almasih, bu.

Dan... yak betul!!!!

Reaksi ibu selanjutnya, sama spt mendengar kabar org yang dikenal baik, wafat. Seperti diatas tadi :

Ibu : Libur apa?

NS : Wafatnya Isa Almasih, bu

Ibu : Haaahhh???? Kapan? (dengan muka sangat2 kaget)

NS : ”udah lama, bu” (krn aku emang ga tau)

Ibu : sakit apa???

NS : waahhh aku nggak tau, bu (atau ada pembaca yang tau, mungkin??)

Ibu : kok aku nggak dikasih tauuuu...

NS : (Cuma bisa diem..).

Duh, kenal deket kali ibu sama Isa Almasih, ya???

Tags: | Edit Tags

Sunday May 17, 2009 - 10:18pm (PDT)

1 komentar:

  1. hahaahha......OKE Deh Ibuuuu..... ngeFANS juga rupanya .....hihihi..... kita nanti klo udah sepuh gitu juga kali Nit:)

    BalasHapus