Minggu, 27 September 2009

KEMO LAGI N LAGI..

Dari kemarin perasaanku nggak enakkkk banget. Rasanya capek banget badan ini. Jd hampir 2 harian (minggu dan senin) aku tiduran. Mual, capek. Mungkin krn jumatnya br kedokter n dikasih tau akan jalankan kemo sistemik 3 kali, pdhl aku br mau ”bersenang2” krn kemo tulang akan berakhir minggu ini. Lepas dari unsur infus menginfus yang bikin capek. Jdlah minggu ini aku akan jalankan 2 kali kemo : Infus kemo tulang pada kamis malam di RSM Klp Gading dan infus kemo sistemik, paginya, jam 7 siap di RSCM.


Kenyataannya krn tumor marker ku meningkat, aku perlu terapi kemo sistemik. Slm ini aku kemo tulang (via intravena) nggunain Bondronat – Bondronat (Ibandronate) adalah nitrogen bisfosfonat tunggal yang katanya satu-satunya dipake untuk perawatan Penyakit Metastatik Tulang (PMT). Seperti postingan ku sebelumnya, aku udah masuk stadium IV krn udah nyebar ke hati, paru, tulang.


Saat dikasih tau kemo sistemik nggunain cairan warna merah, lgsng kebayang mbak Djanti – juga temen2 di RSPP. Katanya sih ini yang paling keras. Hal ini tentu mempengaruhi sedikit banyak – mentalku. Obat tsb adalah Doxorubicin (Adriamycin) obat yang disuntikkan pada vena (pembuluh darah balik) penderita. Obat ini warnanya merah, dan akan mengubah warna urine (air kencing) menjadi merah dalam beberapa jam saat menjalani terapi. Infus sendiri, seperti infus kemo tulang, akan makan waktu sekitar 2 jam-an. Biasanya aku ditemenin sama HP, ndengerin murattal. Adem rasanya.


Spt yang kuliat di bbrp temen seperjuangan, yang menerima kemoterapi dengan obat ini sering mengeluh nyeri pada mulut dan rambut rontok. Obat Doxo ini ini sering diberikan bersamaan dengan cyclophosphamide.


Adapun Cyclophosphamide (Cytoxan) adalah obat anti kanker (pada aku, disuntikkan lwt infus) dan obat ini dapat menyebabkan iritasi pada lapisan kandung kemih dan mual muntah. Makin paniklah aku.


Krn tau efek samping kemo sistemik, aku minta obat anti mual yang paling ampuh sama dokter. Dikasih Paloxi, katanya supaya nggak trauma dgn kemo yang ini - mudah2n bener ampuh.


Hr ini aku muntah2 lagi. Aku tidur sebentar setelah ashar. Lumayan enak. Kayaknya nanti tidur cepet nih....

Mohon doanya ya...

Tags: | Edit Tags

Tuesday December 9, 2008 - 02:01am (PST)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar