Rabu, 16 September 2009

BAPAK TERSAYANG (5)

Ada lagi kebiasaan yang dilakuin bareng Bapak jaman dulu. Dulu, kalo ada Jakarta Fer (Fair), Bapak sering bawa kita, anak2nya kesana. Berbondong2. Ada belanjaan yang udah pasti kami tenteng pulang. Lusinan buku tulis, donat khas jakarta fer dan berbagai cemilan macem pop corn yang kami makan di jalan. Ah ya, soal cemilan, yang kami inget banget, Bapak suka biskuit sultana. Itu, biskuit lapis dengan potongan plum atau kurma yang garing sekaligus kenyal begitu gigitannya kena buahnya. Nggak terlalu manis, tapi begitu kena lapisan buahnya, akan langsung terasa manisnya. Untuk beberapa lamanya, setelah mbak Dani kerja, mbak sering bawa oleh2 biskuit sultana untuk Bapak.
Andai aku punya kesempatan itu, pak...

Ada lagi makanan yang pasti ngingetin kita sama Bapak. Kurma. Bapak rajin banget beliin kita kurma. Beberapa hari sebelum ramadhan dateng, dirumah udah ada ”tanda2” nya. Kemasan mangkok kurma diatas meja. Rasanya dulu nggak banyak yang jual kurma curah, yang kuinget Cuma kurma di kemasan mangkok yang selalu ada. Kebiasaan ”menyediakan” kurma, skrg keliatannya nurun ke Yanto, adik kami.

Bapak punya banyak. Banyaaaaaak sekali temen.. Jadi waktu Bapak meninggal banyak sekali yang nganter sampe kepemakamannya.

Soal temen, Mbak Dani dan mbak Djanti beberapa kali diberi kejutan manis dengan kunjungan Bapak ke kantor mereka, dalam perjalanannya ketemu temen2 lamanya yang kebetulan bertugas di kantor Mbak mbak...
Ahhh pasti seneng banget kalo aku punya kesempatan itu......

Bapak juga terkenal dengan salam khas ”Merdeka!” nya. Dimana2 kalo aku lagi diajak jalan2 Bapak, kita sering ketemu temen beliau dan Bapak selalu menyapa/ disapa dengan kata ”Merdeka!”. Nggak temen kantor, nggak temen lainnya. Waktu bapak udah bertahun meninggal, suatu kali aku diajak ibu ke kantor Bapak di Antara untuk 1 keperluan dan ibu ketemu banyak orang yang nyapa. Dari penampilan nya yang kutebak pak bos sampe ibu tua pembawa minuman, semua nyapa kita dan bicara yang baik2 tentang Bapak.

Waktu teman bapak ngenalin ibu ke temen bapak lainnya, temen bapak itu bilang : Oh, Pak Pram merdeka...(pak Pram yang suka bilang ”Merdeka!”).
Semangat bapak nggak ilang, pak..

Soal ”terkenal”, kalo diluar kompleks tempat tinggal kita, bapak terkenal krn kemiripan wajahnya dengan pak Harto ( mantan Presiden RI). Sebenernya nggak mirip. Bapak, bagi kami jauh lebih ganteng. Tapi banyak yang bilang – kalo bapak mirip pak Harto. Suatu ketika, ketika Bapak baru aja meninggal dan aku lg jalan ke pasar tebet - di komp Bir, aku disapa bapak2 yang nggak kukenal dengan : Ikut bela sungkawa ya, anaknya pak Pram yang mirip pak Harto itu kan?.

Bener kata Bapak, orang akan dikenang dengan dengan apa yang dilakukannya.
Bapak?
Bapak dikenang dengan semua yang ada didiri beliau. Sosoknya, perilaku, perkataan, perbuatan.

Pada Bapak kami, semua persyaratan seorang ayah komplit bagi kami.
Maturnuwun, pak..
Maturnuwun, Allah, telah memberikan kami Bapak yang sempurna bagi kami...

Tags: | Edit Tags

Friday November 9, 2007 - 09:07pm (PST)

1 komentar:

  1. Bener banget Nit.....amalan baik akan selalu dikenang. Begitu juga keunikan seseorang...:) Just wondering mungkin nanti Alee akan dikenang orang spt ini : Ooh yg lorenawati itu yaa?..gubraaakkk!! oh Noooo!!! hahahah

    BalasHapus