Rabu, 16 September 2009

Dalam Mihrab Cinta

"Dalam Mihrab Cinta" merupakan “antologi (kumpulan - asal dr bhs Yunani : kumpulan kuntum bunga) novela alias novelet alias novel pendek” nya kang Abik.

Takbir Cinta Zahrana membuka buku yang terdiri dari 3 novelet ini. Cerita ttg dosen wanita bernama Zahrana yang kesulitan mendapatkan jodoh setelah berusia diatas 30 meski tergolong wanita yang cantik.

Dalam Mihrab Cinta, kisah kedua mengisahkan Syamsul seorang pemuda pesantren di Jawa Tengah yang sempat difitnah sebagai pencuri, dianiaya, dikeluarkan dari pesantren, diabaikan keluarganya yang kemudian berhasil merubah hidupnya kearah yang lebih baik: Jadi penjaga masjid, jadi guru ngaji, masuk TV, terkenal...

Mutiara Cinta kisah Zul, pemuda miskin yang memutuskan merantau ke Malaysia dengan modal no telp yang direkomendasikan sebelumnya, dan menjadi pemuda BONEK : pemuda Bondo Nekat dan kisah cinta Zul dengan Mari, seorang wanita yang baru dikenalnya di Malaysia.

Satu benang merah yang bs ditarik dr 3 novela diatas : berikhtiar,
sabar, tawakal, menyerahkan segala urusannya hanya kepada Allah swt ; serta sebuah cita2 untuk dikejar. Apapun itu. Nggak heran di setiap karya Kang Abik ini selalu tersemat kalimat : ''Sebuah Novel Pembangun Jiwa''.

Untuk yang mempertanyakan knp judulnya pakai kata Mihrab, baru ku dapet jawaban "kira2"nya dari republika hr ini di kolom khazanah ttg Mihrab. Jd, Mihrab selain berarti ceruk tempat penanda kiblat, tempat imam shalat, juga punya kata lain yang diambil dr kata bhs arab (lupa, arabnya), yang berarti "peperangan".

Asumsiku, kang Abik, si pengarang mengibaratkan antologi novelet ini sebagai "pertempuran" para pencari cinta. Itu kenapa judulnya : Dalam Mihrab Cinta..
(Mudah2an bener ya, Kang..)

Tags: | Edit Tags

Tuesday February 19, 2008 - 11:05pm (PST)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar