Rabu, 16 September 2009

BAPAK TERSAYANG (4)

Cerita tentang swargi (alm) Bapak emang nggak ada abisnya..

Bapak ngajarin kami, anak2 perempuannya untuk kenal kegiatan outdoor. Kalau liat pohon rindang di perumahan, pikiranku langsung inget saat kita2 masih kecil. Dulu, di samping rumah agak dibelakang ada pohon belimbing yang besar dan sama Bapak, kita dibuatkan rumah pohon. Sebenernya nggak bentuk rumah, cuma lantai papan2 yang bisa kita buat duduk rame2, cewek2. Jadi, waktu kecil, kami : aku, mbak2 dan Yanto diajari manjat pohon belimbing supaya bisa duduk2 dan main di atas pohon. Nggak terlalu tinggi, tapi rasanya hanya kami yang punya. Jadi beberapa teman main kerumah untuk bergabung duduk2 atau tidur2an di pohon. Sayang, kemudian pohon belimbing makin banyak semut rang- rangnya. Jadi, akhirnya ditebang juga. Kemudian sasaran panjat kami pindah ke samping rumah agak dekat pagar yang tumbuh pohon jambu, tapi nggak ada daun2nya (apalagi buahnya). Hanya pohon dengan kulit kayu yang agak licin Cuma bisa kami panjat turun panjat turun aja. Seru juga kalo inget. Nah, di tempat pohon belimbing tumbuh, Bapak minta pak Tulut tetangga kami untuk membuatkan kandang kelinci. Ya, kelinci adalah hewan peliharaan kami ke dua ( yang pertama, anak2 ayam yang kami kardusin – lalu mati). Aku dan Yanto ditugasi mengurus kelinci2 tersebut ( ada 2). Kasih makan, mbersihin kandang yang astaga naga... susah bener. Nggak lama juga kita miaranya krn nggak telaten. Malah Bapak yang biasanya ngasih kangkung ke kelinci2 kami, juga bantu mbersihin kandang..

Soal alam, krn Bapak adalah anggota Mabigus (majelis pembina gugus depan) di gudep BI (Bank Indonesia) tempat kami pramuka, udah dari kecil kita kenal sama yang namanya kemping. Dari semua anak Bapak, Cuma aku yang nggak terlalu maniak sama ”mainan alam”. Kadang2 aku di bilang oleh mbak2 punya ”mental tempe” krn cengeng. Kadang2 dibilang ”anak pungut” sama mbak2 krn mbak2 berkulit putih dan aku gelap, kayak Bapak. Seingetku, dulu pertama kemping di lapangan BI yang skrng jadi perkantoran Bidakara. Cuma semalem, dan dapet ”kunjungan” Bapak yang sdg inspeksi ke perkemahan kami.

Ya, rasanya Cuma aku anak Bapak Ibu yang jarang kemping.
Ikut Pramuka, ikut PMR, tapi nggak ikutan kemping.
Bahkan waktu pramuka di SD di Tebet timur, aku sampe nggeret Mbak Dani yang udah jadi penegak, ngajarin temen2 dan kakak2 penggalang di gudep ku. Padahal kita lain gudep.. Tapi itu krn mbak Dani emang hebat di SKU (syarat kecakapan umum) tali temali.
Baju2 pramuka mbak Dani dan Mbak Djanti banyak banget di tempeli emblem kecakapan. Punyaku?
Bersih, hanya ada lambang tunas dan nama - nomor gudep...

Yanto masih kemping n naik gunung waktu SMA Bahkan ikut ekskul pecinta alam.

Mbak Sri ikut paskibra dan sering kemping dgn ekskulnya itu.

Mbak Dani dan mbak Djanti udah ”berkelana” ke bagian2 pulau jawa lewat kegiatan PMR mereka saat SMA, mbak Djanti malahan ikut jambore nasional ke Sibolangit naik kapal ke Sumatera Utara th 70an akhir. Kita semua nganter ke kwarnas. Ada adik2 Bapak2 disana, pak Santo dan Bu Noek. Kayak nganter org haji gt deh. Adik2 bapak, seperti Bapak, juga aktif di kepramukaan. Mrk aktif di Kwarnas Pusat. Ibu, sampai beberapa th yl ( usia 73 lewat) juga masih ikut Pramuka Wreda. Bapak dan Ibu emang hebat.... Mungkin krn kegiatannya itu pula, Bapak terbiasa nyuci sendiri. Untuk hal ini, aku kadang2 nyesel knp mbiarin bapak capek2 ngurus hal2 yang kami udah bisa lakuin sendiri..

Dulu, sejak Bapak ibu menikah dan memiliki kami, kami punya mbok yang luamaaaa sekali ikut Bapak dan Ibu, dan akhirnya dipanggil pulang oleh anaknya krn mbok Fatimah udah sepuh.
Seingetku, SMA klas 2 kita udah nggak punya pembantu lagi. Mungkin krn mbak2 ku banyak, aku sering dapet tugas yang gampang2.
Jadinya males skrg.
Cuci piring, kalo nggak ada mbak2 atau Ibu, sering diambil alih Bapak. Bahkan juga baju. Sering kali kami ndapetin Bapak nyuci baju kami. Kalo minggu, Bapak paling rajin beres2, sementara ibu sibuk masak masakan yang istimewa. Bener2 istimewa, krn br kutau, tingkat kesulitan masakan yang ibu bikin sangat tinggi. Ayam/bandeng yang dikeluarin isinya tanpa merusak kulitnya untuk diisi lagi dengan ramuan bumbu yang wuiihhh... repot banget. ...
Atau bikin roti, schotel dan makanan/kudapan enak lainnya.

Dan setelah selesai nyuci, biasanya dengan siulan khasnya, Bapak manggil kita2 yang lagi ngumpul di kamar untuk ambil alih nyelesaiin tahap berikut : njemurin.
Kurang asemnya, kami rame2 mbales siulannya dengan jawaban siulan. Persis seperti yang kita lakuin kalo kemping. Nyaut siulan dengan siulan, sampe kita didatengin Bapak dengan celana waroknya yang udah basah, dan buru2 kita keluar kamar njemurin sambil narik2 lainnya.. bantuin dong, bantuin dong... Setelah itu, giliran bapak yang udah siap istirahat sambil baca2..
Hobi favorit beliau...

Tags: | Edit Tags

Friday November 9, 2007 - 09:02pm (PST)

1 komentar:

  1. The last part is FUNNY!!..... Anak-ank dimana-mana sama aja yaaa... "sekian terima jadi"... hahaahaha

    BalasHapus